kepolens

Selasa, 29 Maret 2011

Menyembunyikan (Hidden) File dengan Cara Menggabungkan 2 File Menjadi 1


Jika anda memiliki file yang amat rahasia, mungkin saat ini banyak sekali software folder protector yang dapat anda andalkan. Seperti software Folder Protector yang saya share beberapa waktu lalu. Untuk mengingatkan anda silakan klik di sini.
Namun ternyata tanpa software pun kita dapat melakukannnya. Yups, dengan command prompt. Prinsip kerjanya adalah dengan menggabungkan 2 file, sehingga salah satu file nya ter-hidden atau tersembunyi. Apabila kita buka file tersebut hanya salah satu file yang akan terbuka.

Bagi yang berminat, bisa lakukan step-step berikut ini:

1. Yang anda butuhkan 2 file (file yang akan disembunyikan dan file photo berformat .JPG) dan taruh di dalam 1 folder. Misalkan letakkan di drive D.

2. Anggap nama file adalah fileku.doc (bisa dalam format apapun) dan file gambar adalah fotoku.jpg (bisa dalam format gambar apapun).

3. Compress fileku.doc dengan cara click kanan - sent to - compressed (untuk winzip) atau click kanan - add to archive (untuk winrar). Anda harus memiliki program compress seperti winzip, winrar, atau archiever lainnya.

4. Selanjutnya masuk ke command prompt (bisa dari start menu, all program, accesories, command prompt. atau melalui start menu, run, ketik CMD lalu ok atau hanya dengan menekan ctrl + R)

5. Setelah masuk di commant prompt, misalkan file diletakkan pada drive D dan pada New Folder. maka di command prompt, ketikkan:
D: (enter)
tulisan di prompt akan menjadi D:\>
lalu ketikkan "cd New Folder" (untuk masuk ke folder "New Folder") lalu enter
tulisan di prompt akan menjadi D:\New Folder>
ketikkan "copy /b fotoku.jpg+fileku.rar manis.jpg" lalu enter
NB:

  • copy /b adalah perintah untuk men-copy
  • fotoku.jpg adalah nama file gambar yang akan menutupi file rahasia.
  • fileku.rar adalah file rahasia yang telah di compress (ekstensi .rar tergantung dari program compress yang kita gunakan).
  • manis.jpg adalah nama file gambar setelah penggabungan file selesai.
  • untuk mengetahui nama-nama file dan ekstensi dapat kita gunakan perintah "dir" pada saat D:\New Folder>dir
  • untuk pengetikan pada prompt, tidak menggunakan tanda "



6. File telah digabungkan menjadi manis.jpg. jadi saat ada seseorang yang membuka file tersebut, maka yang terlihat hanya gambar saja yakni gambat fotoku.jpg tanpa mereka sadari bahwa di belakang gambar tersebut ada file rahasia yang disembunyikan. untuk membuka file tersebut, kita bisa membukanya dengan cara click kanan pada file, pilih open with, choose program, pilih winrar (program compress yang digunakan untuk compress file sebelumnya) lalu click OK.

Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

kepolens
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Template by:

Free Blog Templates